Koko Murah, Gamis Murah, Baju Anak Muslimah
Belanja Mudah Baju Muslim Online!

Dzikir Menghidupkan Hati

Posted under: Umum - Dibaca 2027 kali.

Dzikir adalah perkara yanng masyhur di kalangan kaum mulimin. Dzikir di masyarakat dilakukan dengan bermacam-macam cara sesuai dengan pemahaman dan tingkat pengetahuan mereka tentang dzikir. Ada yang rutin melakukan  dzikir setiap selesai shalat, baik sendiri-sendiri maupun berjama'ah di masjid. Ada pula yang melakukannya secara rutin dan khusus dalam kelompok-kelompok dengan pembimbing seorang ustadz.

Ada pula orang-orang yang dgemar mengucapkan dzikir tanpa mengenal batas waktu. Mislanya, sepnajng perjalanan berangkat dan pulang kerja mereka berdzikir. Sambil menunggu daganagn mereka juga berdzikir. Pokoknya, dimanapun dan kapanpun ada kesempatan berdzikir, mereka kan mengucaokan lafadz-lafadz dzikir.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada juga diantara kaum muslimin yang belum biasa berdzikir atau dzikirnya minimalis. Entah karena tidak tahu harus berdzikir apa lagi, atau karena belum memahami keutamaan berdzikir.

Mengingat Allah

Esensi dzikir yang utama adalah menngingat Allah, Sang Maha Pencipta Manusia. Semakin banyak dzikir kita lakukan, berarti semakin sering kita ingat kepada-NYA.

Kalau ingat keluarga, mungkin yang tergambar adalah kerinduan bertemu, berkumpul, saling bercerita dan bercanda ria bersama. Kalau ingat kepada Allah, apa yang tergambar? Bukankah kita belum pernah bertemu dengan-NYa?

Inilah salah satu hal yang menyebabkan setiap manusia memiliki tingkat motivasi dzikir yang berbeda. Yakni, tinggi rendahnya motivasi seseorang bergantung kepada seberapa dekat dia mengenal Allah SWT. Semakin dekat dia mengenal Allah, maka semakin besar rasa rindu untuk bertemu dengan-Nya. Semakin terdorong pula dia untu selalu mengingat-Nya dalam setiap tarika nafasnya.

Orang yang melakukan dzikir dengan benar akan senantiasa merasa menjalin hubungan batin secara terus menerus dengan Allah SWT. Hasilnya, dia akan selalu merasa kecil di hadapan Allah dan berupaya untuk meningkatkan ketaatannya.

Allah berfirman bahwa Dia akan selalu mengingat orang-orang yang juga selalu mengingat-Nya. "Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu Dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat-Ku)" (QS Al Baqarah: 152).

Hidupkan Hati

Amalan hati tak dapat dilihat oleh mata. Demikian pula penyakit-penyakit yang melekat padanya, apakah itu iri, dengki, hasud, dendam dan lainnya, sulit dideteksi dan dicari obat mujarabnya. Hati seseorang akan menjadi baik dan bersinar bila sering dipergunakan untuk mengingat Allah (berdzikir). Salah satu keutamaan dzikir adalah dapat menghidupkan dan menyehatkan hati manusia.

Berdzikir, tidak harus dengan berteriak-teriak, saking semangatnya? Allah sendiri menuntun kita untuk berdzikir dengan merendahkan diri , dengan penuh rasa takut dan merendahkan suara. Begini-lah firman- Nya, artinya :" DAn sebut-lah (Nama) Rabbmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut (pada sisksaan-Nya), serta tidak mengeraskan suara di waktu pagi dan sore hari. Dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai" (QS Al-A'raaf: 205).

Seyogyanya, berdzikir kita jadikan amalan rutin, sebab Allah telah menjanjikan Pahala yang besar.

Tiga Syukur Setiap Hari

Seorang wanita yang baru saja meninggal ternyata merindukan kehidupan yang baru saja ditinggalkannya. Ia berharap bisa ''mengunjungi'' kembali salah satu hari yang ''tidak penting'' yang pernah terjadi dalam hidupnya. Ketika harapannya dikabulkan, ia menyadari betapa selama ini ia menjalani hidupnya tanpa rasa syukur, seakan-akan semua itu sudah selayaknya menjadi miliknya.

Akhirnya kunjungannya itu menjadi beban berat yang tak tertanggungkan olehnya. ''Saya tidak menyadari,'' katanya dengan penuh sesal, ''Semua yang terjadi tak pernah kita sadari benar. Selamat tinggal, rumahku. suami dan putri kesayanganku.... Ibu dan ayah.... Selamat tinggal detak jam dinding dan bunga-bunga yang indah di pekarangan. Dan makanan dan kopi. Dan baju-baju yang baru diseterika dan air mandi hangat .... dan saat-saat tidur dan terjaga. Oh hidup, kau terlalu mengagumkan hingga orang tak menyadari betapa mengagumkannya engkau.''

Itulah salah satu adegan yang cukup menyentuh dalam sebuah drama karya Thornton Wilder - seorang pengarang Amerika berjudul Our Town. Wilder nampaknya ingin mengingatkan kita untuk senantiasa menikmati hari dengan penuh rasa syukur. Setiap hari sebetulnya adalah istimewa. Sayang, kita sering tak menyadarinya karena ''mata'' kita tertutup. Melalui tulisan ini saya ingin berbagi satu kiat untuk menikmati hidup yang indah. Saya menyebutnya ''Tiga Syukur Setiap Hari.''

Kiat ini sangat sederhana dan dapat Anda terapkan mulai hari ini juga. Menjelang tidur setiap malam, cobalah Anda cari tiga hal yang pantas Anda syukuri hari ini sebagai rahmat dan anugerah dari Tuhan. Tiga hal saja. Tidak sulit bukan?

Kalau kebetulan hari ini Anda mendapatkan berbagai ''kabar baik'' tentunya tak sulit melakukannya. Tapi, bagaimana kalau hari ini berlalu dengan berbagai kesulitan bahkan musibah: anak Anda sakit, dompet Anda hilang, Anda baru dimarahi atasan, mobil Anda ditabrak orang, atau orang tua Anda dirawat di rumah sakit. Kalau demikian apa yang harus kita syukuri?

Kalau pertanyaan itu yang Anda ajukan, nampaknya kita perlu memahami tiga hal berikut. Pertama, bersyukur sebetulnya tidaklah hanya dapat kita lakukan di saat senang, tetapi juga di saat susah. Kita perlu menyadari bahwa setiap musibah selalu mengandung 'rahmat' yang terselubung. Musibah adalah alat yang sangat ampuh untuk membuka mata kita pada banyaknya kenikmatan yang telah kita lupakan.

Kedua, dalam menerima musibah kita perlu senantiasa bersyukur bahwa hal itu tidaklah terlalu buruk. Falsafah Jawa mengenal istilah ''Masih untung.'' Ini sebuah cara pandang yang sangat spiritual. Belum lama ini anak saya yang berusia 3 tahun jatuh di kamar mandi sehingga kepalanya harus dijahit di rumah sakit. Sudah tentu kami sekeluarga sangat sedih dan prihatin. Tapi, malam itu saya masih bisa bersyukur karena ternyata luka yang dialaminya tak terlalu parah dan akan membaik dalam beberapa hari ke depan.

Paradigma ''Masih untung'' ini bukanlah sekadar untuk menghibur dan menyenang-nyenangkan diri. Sikap ini didasari oleh keyakinan mendalam bahwa Tuhan senantiasa melindungi kita. Bahwa rahmat selalu ada di sekitar kita betapa pun kecilnya. Ini akan mengubah penolakan menjadi penerimaan, kekacauan menjadi keteraturan, dan kekeruhan menjadi kejernihan. Lebih dari itu hidup kita akan senantiasa diliputi perasaan penuh. Apapun yang sudah kita miliki menjadi cukup, bahkan berlebih.

Ketiga, kita seringkali tak dapat menemukan hal-hal yang patut disyukuri karena kita sering merasa bahwa sesuatu itu sudah semestinya terjadi. Padahal, segala sesuatu tidak terjadi begitus aja. Semuanya karena rahmat Tuhan. Mungkin Anda tidak merasa mendapatkan hal istimewa pada suatu hari. Tapi, bukankah hari itu kita dan seluruh anggota keluarga sampai di rumah dengan selamat? Bukankah kita masih bisa menikmati makanan yang lezat? Bukankah jantung kita masih terus berdetak, nafas kita pun tak pernah berhenti? Bukankah kita masih dapat melihat, mendengar, berjalan, dan bekerja?

Hal-hal yang saya sebut di atas seringkali kita anggap sebagai sesuatu yang remeh, dan terjadi begitu saja. Padahal, kenyataannya tidak demikian. Anda akan sadar, bahkan mungkin sambil meneteskan air mata menyaksikan betapa banyaknya orang yang tak dapat menikmati hal-hal yang kita anggap remeh tadi. Menyaksikan acara-acara seperti ini akan membuka mata hati kita akan betapa banyaknya rahmat yang sering kita lupakan dalam hidup ini.

Pembaca yang budiman, mulai nanti malam cobalah kiat sederhana ini. ''Tiga Syukur Setiap Hari'' akan mengubah cara pandang Anda terhadap hidup. Dengan demikian Anda akan merasakan hidup yang begitu indah, penuh rahmat, berkecukupan, dan berkelimpah-ruahan.

Ingin temanmu tahu tentang artikel ini? Tolong dibagikan ya..

Obral promo busana muslim



Artikel lain di Umum:
4 Cara Menerapkan Alquran Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Self Reflection Berkaca Pada Diri Sendiri
Beberapa Kesalahan Ketika Adzan Dan Tahlilan
Tips Sukses ber One Day One Juz Al Quran
Hidayah Mencintai Masjid
Surga Neraka Memang Kekal
Salah Satu Keunikan Bali
Semarak Maulid Nabi Muhammad di Denpasar
Istighotsah di Kampung Islam Denpasar
Dahulukan yang Paling Penting dari Yang Penting

Kategori Lain:
Bisnis
Haji
Keluarga
Puasa
Shalat


BELANJA BERDASAR MEREK
ETHICA NIBRAS
UKHTI MUNIRA
FOLIA ACTUAL BASIC
   
BELANJA BERDASAR MODEL
GAMIS SARIMBIT
ATASAN / BLUS HIJAB SYAR'I
   
BELANJA BAJU KOKO DEWASA & ANAK
QOD DEWASA FATIH FIRA ANAK
NIBRAS DEWASA ETHICA ANAK

Home
Update Terbaru via Facebook
eXTReMe Tracker