Koko Murah, Gamis Murah, Baju Anak Muslimah
Belanja Mudah Baju Muslim Online!

Tips Memulai Pagi Hari Secara Islami

Sebelum sang fajar hendak menyibak tirainya, dan ucapan selamat pagi islami yaitu Assalamu’alaikum beserta doa pagi hari sudah dilontarkan, maka bersiaplah manusia menyambutnya.

Dan, pagi hari adalah segalanya. Karena waktu inilah yang biasanya sangat menentukan apakah hari itu bisa kita jalani dengan penuh kesuksesan, atau kemalangan. Jadi, pagi hari adalah awal terbaik untuk memulai hidup.

Tips Memaksimalkan Pagi Yang IslamiSalah menyambutnya, salah target hari itu. Abai menyapanya, abai juga peluang hari itu.

Oleh karena itu, sebagai wujud syukur kepada Allah Ta’ala, apalagi sebagai seorang muslim dimana keseluruhan misi hidupnya hanya untuk mencari ridho Allah Ta’ala semata, maka sudah menjadi kewajiban baginya untuk memaksimalkan pagi hari yang ada.

Mau tahu, apa sajakah amalan pagi hari yang tepat untuk seorang Muslim? Simak ulasannya, yuk!

1. Shalat Subuh Berjama’ah di Masjid
Kemenangan hanya bisa diraih kalau kita sudah sejak awal mempersiapkannya. Kemenangan juga akan lebih mudah di dapat kalau dilakukan secara bersama-sama.

Dan, shalat Subuh secara berjama’ah di masjid, bersama-sama dengan mukmin yang lain, akan mengundang datangnya rejeki Allah Ta’ala dengan lebih cepat.

Sedapat mungkin, sebelum shalat Subuh didirikan, masih sempat untuk melakukan shalat sunnah tahiyatul masjid dan qobliyah, mengingat besarnya pahala yang dijanjikan Allah Ta’ala, yaitu lebih baik dari seluruh dunia berikut isinya.

Kalau shalat sunnah Qobliyah saja pahalanya seperti itu, apalah lagi pahala shalat Subuhnya? Dan setelah Subuh didirikan, jangan lupa untuk berdzikir dan berdoa kepada Allah Ta’ala.

2. Berolahraga
Sepulang dari masjid, jangan buru-buru masuk kedalam rumah. Berolahragalah! Ini bisa dilakukan di halaman/teras rumah. Minimal 15 menit, tak harus lama.

Olahraga ringan is welcome, seperti jalan kaki, gerak-gerakkan tangan dan kaki, menarik nafas panjang, dll. Dan nikmatilah kemewahan pagi hari; udara bersih, suasana hening dan badan yang sehat!

Oiya, bisa juga olahraga bersepeda. Keliling kompleks, tak perlu jauh-jauh. Mungkin mengayuh sepeda 10-20 menit setiap pagi hari sudah cukup. Kalau ingin lebih lama, tentu harus mencari hari libur dulu.

3. Membaca Alqur’an
Masih dalam suasana bersemangat dan tubuh segar, bacalah Alqur’an. Kalau Anda adalah pelaku ODOJ (one day one juz), porsi ba’da subuh ini bisa digunakan untuk membaca 1/3 atau 1/2 juz. Sisanya, bisa dilanjutkan membacanya nanti sewaktu Duha, siang atau sore hari.

Atau bisa juga dimanfaatkan untuk menambah hapalan Qur’an. Mungkin juga muroja’ah (mengulang hafalan surat).

4. Baca Dzikir Pagi
Setelah puas bermesraan dengan Alqur’an, lanjutkan dengan merilekskan diri dengan melakukan bacaan dzikir pagi. Sesuai arahan ustadz Yusuf Mansyur, biasakanlah di waktu pagi dan sore, membaca berikut ini:

a. Shalawat 100x
b. Subhanallah 100x
c. Astaghfirullah hal adzim 100x
d. 2 ayat terakhir surat at Taubat 7x
e. Surat al Ikhlas 3x
f. Surat al Falaq 3x
g. Surat an Naas 3x
h. Al fatihah 1x

5. Membantu Istri / Suami dan Anak
Bagi suami, tak harus membantu di dapur, karena sudah pasti memang tidak bisa memasak. Tapi, bisa membantu hal yang lain. Seperti merapikan kamar, membereskan mainan anak, menyapu teras rumah.

Bagi istri, bisa dengan membersihkan sepatu dan baju kerja suami, menyiapkan tas atau memanaskan kendaraan. Dalam hal membantu anak, tak salah juga bagi ayah untuk membantu menyiapkan seragam sekolah.

Atau menyiapkan kaos kaki sekolah anak, karena meskipun sepele, anak-anak bahkan kadang kesulitan mencari kaos kakinya sendiri di lemari.

Itulah 5 Tips Memaksimalkan Pag Dari Secara Islami.

Mengenai urutannya tinggal disesuaikan dengan kebiasaan di masing-masing rumah tangga. Tak harus seperti contoh. Yang penting untuk selalu diingat, bahwa pagi hari adalah waktu Terbaik. Jadi jangan disia-siakan.

Waktu pagi hari dan subuh hari harus dimaksimalkan dan diambil manfaatnya, agar aktifitas kita sepanjang hari itu penuh dengan keberkahan dan mendapat rahmat dari Allah Ta’ala.

< Hotel Tanpa Alkohol di Bali: Bayt Kaboki Hotel

Prinsip Dasar Melayani Konsumen >

Ingin temanmu tahu tentang artikel ini? Tolong dibagikan ya..

BACA TOP 10 BLOG MUSLIM TERATAS LAINNYA

10 Alasan Mengapa Anda Harus Berbusana Muslim

4 Alasan Mengapa Berbaju Koko Pakistan

Busana Muslim Pria

Busana Muslim Untuk Pesta Pernikahan

Celana Cingkrang Ala Cowok Muslim

Doa Terhindar Dari Hutang

Hijab Instan, Tren Busana Muslimah Milenial

Memulai Bisnis Ala Rasulullah

Simak 5 Tips Islami Memulai Pagi!

Tips Mudah Mengajak Anak Shalat Ke Masjid

Obral promo busana muslim

Home

Produk unggulan:
Gamis Premium Ukhti Gamis Murah Rahnem Gamis Cantik Ethica Munira Hijab Syar'i Gamis Nibras

eXTReMe Tracker