Koko Murah, Gamis Murah, Baju Anak Muslimah
Belanja Mudah Baju Muslim Online!

Home > Blog > Busana Muslim Pria - Dibaca 3.006 x.

Busana Muslim Untuk Pria

Bagikan

Dropship produk busana muslim

Busana muslim pria sekarang ini tampil lebih bergaya dan atraktif. Kesan monoton yang biasa ditampilkannya mulai hilang secara perlahan-lahan. Memang, baju muslim untuk pria (biasa juga disebut baju Koko) tidak ‘semeriah’ baju muslim untuk wanita, baik itu dari segi warna maupun gaya.

Busana Muslim Pria Baju Koko

Duluuu sekali, busana muslim untuk pria selalu identik dengan warna putih. Baik putih polos atau ada sedikit variasi warna. Namun, tetap saja warna dominannya adalah putih.

Begitu pula dengan pecinya. Warna peci / songkok seringkali mengikuti warna bajunya, yaitu putih.

Entah mengapa, mungkin agar itu identik dengan pengertian bahwa putih itu suci. Putih juga identik dengan sebutan 'Pak Haji'. Sebab orang yang pernah ke tanah suci untuk berhaji, dipercaya membawa kesucian, dan itu identik dengan warna putih.

Maka jadilah baju yang biasa dipakai oleh pria untuk busana muslimnya banyak yang berwarna putih.

Namun seiring dengan pergantian tahun dan tren, busana muslim untuk pria / cowok mengalami revolusi. Warna tidak didominasi lagi oleh putih, dan model pun juga semakin bergaya dan banyak variasi.

Indonesia sebagai negeri dengan jumlah penduduk Muslim di dunia, sudah barang tentu banyak dijumpai para lelaki muslimnya mengenakan baju muslim. Busana muslim khas atau umum dipakai di negeri ini. Dimanapun dan kapanpun itu.

Entah busana muslim itu dipakai untuk pergi beribadah di masjid atau di rumah, dipakai untuk bersilaturahim atau sekedar berjalan-jalan ke taman kota atau pusat perbelanjaan.

Dewasa ini, tujuan penggunaan busana muslim pria tak melulu hanya untuk ibadah.

Diluar negeri, di negeri-negeri muslim lainnya, mereka juga mengenal dan memakai busana muslim pria khas luar negeri mereka.

Oleh karena kita ada di Indonesia, sudah barang tentu jenis atau macam busana muslim prianya juga berbeda.

Nah, berikut ini jenis-jenis / ragam model baju muslim pada umumnya di masyarakat kita:

1. BAJU KOKO

Baju Koko adalah pakaian muslim untuk cowok yang paling umum dan simpel yang dikenal di Indonesia.

Versi wanitanya, baju Koko adalah baju Atasan / Blus. Yaitu berupa baju bagian atas dimana bawahannya bisa berupa rok atau tunik.

Apa beda tunik dengan rok? Tunik itu sedikit memanjang, mungkin sampai di dengkul atau sedikit dibawahnya. Sedangkan rok memanjang hanya sampai pinggang atau sedikit dibawahnya.

Model baju koko sebetulnya sederhana, yaitu seperti kemeja pria pada umumnya, namun diberi aksesoris atau hiasan di bajunya berupa ornamen khas Islam, seperti hiasan / bentuk geometris.

Bentuk geometris (berupa aneka ragam unsur garis, baik lurus, melengkung, kotak atau bulatan yang membentuk sebuah kontur tertentu) ini secara umum tak hanya bisa kita dijumpai pada ornamen busana muslim pria, tapi juga gampang ditemukan pada hiasan ornamen islami lainnya.

Yaitu seperti bangunan masjid, buku islami, tayangan visual muslim, dsb yang masih berkaitan dengan hal-hal bernafas keislaman.

Seperti kita tahu, budaya Islami menurut jumhur ulama, tidak membolehkan menampilkan hiasan berupa makhluk hidup berupa binatang atau manusia.

Nah, sebuah kemeja pria yang diberi sentuhan bentuk geometris tertentu, pada dasarnya sudah bisa disebut dengan baju Koko, seperti yang lazim kita lihat dipakai orang shalat ke masjid, atau menghadiri acara-acara islami tertentu lainnya.

Arti kata 'Koko' sendiri kabarnya mengambil dari akar kata rumpun China. Oleh sebab itu, di Indonesia, seorang pria keturunan Tionghoa kerap dipanggil dengan sebutan Kokoh / Koh.

2. BAJU GAMIS

Jangan salah, Gamis tak hanya identik berupa busana muslim untuk muslimah (cewek), namun bisa juga Gamis untuk cowok (pria muslim).

Gamis sendiri artinya baju kurung yang memanjang dari atas hingga kebawah. Gamis ada sedikit kemiripan bentuk dan definisi dengan Jubah, pakaian yang seriiiiing kita lihat ketika kita pergi haji atau umrah ke Arab Saudi.

Di Indonesia, penggunaan baju gamis untuk pria belumlah sepopuler baju koko. Namun, peningkatan penggunaannya oleh jama'ah masjid di banyak kota besar di Indonesia terlihat semakin menjadi tren.

Gamis untuk pria yang ada di Indonesia umumnya ada 2 macam:

Pertama yaitu gamis panjang sampai mata kaki seperti yang sering terlihat umumnya di Arab Saudi.

Kedua yaitu gamis panjang hingga ke lutut atau sedikit dibawahnya, khas baju gamis Pakistan yang sering kita jumpai dipakai oleh jama'ah umrah dan haji dari Pakistan.

3. BAJU ROMPI

Hah? Rompi?? Bukannya hanya tentara saja yang pakai rompi?

Bukan dong..

Sekarang ini, Rompi bukan lagi melulu dipakai oleh para prajurit pergi ke medan laga untuk menahan peluru. Atau dipakai juru parkir kendaraan. Atau pak polisi mengatur lalu lintas.

Rompi pada umumnya dipakai sebagai luaran (baju luar), seperti halnya Jaket. Rompi bisa juga disebut sebagai Outwear.

Nah, dihubungkan dengan bahasan pakaian untuk pria muslim, ada juga kok yang namanya Baju Rompi Muslim, yaitu baju muslim dalam bentuk rompi (outwear) yang serba guna.

Yaitu bisa dipakai untuk ibadah shalat, menghadiri kajian atau bahkan dipakai untuk aktifitas sehari-hari, seperti ke kampus atau silaturahiim ke rumah teman.

Jalan-jalan bersama istri dan anak-anak mengunjungi taman kota atau berbelanja ke mal juga bagus dan pantas saja.

MODEL BAJU ROMPI MUSLIM

Rompi baju muslim biasanya berlengan panjang, namun ada juga yang berlengan pendek. Keduanya sama-sama pantas untuk dipakai untuk kegiatan atau aktifitas apapun.

Seperti halnya Gamis untuk pria muslim, Rompi baju muslim ini juga punya dua macam untuk panjang bajunya. Yang pertama memanjang hingga lutut.

Pada umumnya rompi untuk baju pria muslim ini punya bukaan berupa resleting di bagian depan. Seringnya bukaan dari leher hingga dada. Ada juga yang bukaannya sampai ke pusar.

Ketebalan kain yang dipakai untuk baju rompi muslim pun bervariasi. Ada yang tipis ada yang tebal. Yang berbahan kain tipis belum tentu harga belinya lebih murah. Ada beberapa yang justru lebih mahal.

Kok bisa? Sebab meski berkain tipis tapi bahannya ringan dipakai, kuat dan lebih menyerap keringat.

4. BAJU SARIMBIT

Baju Sarimbit adalah baju seragam untuk keluarga yang mempunyai kesamaan model, warna dan gaya, baik itu baju untuk ayah, ibu ataupun anak-anak. Yang membedakan tentu saja ukurannya.

Baju sarimbit haruslah mengikuti model baju tren terbaru, sebab sengaja dibuat untuk dipakai oleh seluruh anggota keluarga.

Tujuan diciptakannya Baju sarimbit yaitu agar seuruh anggota keluarga bisa tampil kompak dalam hal berpakaian, yaitu dalam bentuk seragam.

Baju sarimbit lazim dipakai oleh sebuah keluarga kecil atau keluarga besar dalam menghadiri momen tertentu, seperti acara 17 Agustus di kompleks, pertemuan keluarga pada hari raya Lebaran, atau acara lamaran / pernikahan.

Kalau baju sarimbit ini dibuat untuk keluarga Muslim, artinya bahwa baju tersebut tersedia untuk ayah, ibu, dan anak-anaknya lengkap dengan kopiah untuk sang ayah dan putranya, berikut jilbab untuk sang ibu dan putrinya.

Seperti halnya jenis-jenis baju muslim untuk pria tersebut diatas, baju muslim sarimbit juga mempunyai bermacam model, gaya dan warna.

Namun pada umumnya, setidaknya untuk tahun-tahun ini, baju sarimbit teruntuk pria muslim hanya tersedia pada baju koko dan gamis. Rompi masih belum populer untuk dijadikan baju sarimbit.

Meski begitu, penjualan rompi untuk pria muslim trennya mengalami permintaan pembelian.

InsyaAllah kesemua baju pria muslim tersebut akan semakin memasyarakat dan populer di Indonesia.

5. SIRWAL

Sirwal dikenal juga dengan sebutan Celana Cingkrang. Sering juga disebut celana baggy, dengan sedikit perbedaan pada panjangnya.

Apa celana sirwal itu? Yaitu sebuah celana panjang namun batas panjangnya berada tepat atau sedikit diatas mata kaki.

Mengapa diatas mata kaki? Terdapat hadits Rasulullah saw yang melarang seseorang ketika shalat untuk memanjangkan kainnya sampai menyentuh mata kaki. Ulasan lebih lengkap klik disini ya 4 Alasan Bikin Hati Adem Mengapa Harus Bercelana Cingkrang.

Celana sirwal lazim dipakai oleh para pria muslim untuk menunaikan ibadah shalat wajib di masjid. Selain sebab ada larangan dari nabi, kain yang memanjang hingga kebawah mata kaki berpotensi membawa kotoran / najis.

Seperti diketahui syarat sahnya shalat adalah suci. Apabila baju yang kita pakai najis atau tidak suci maka konsekuensinya shalat kita tidak diterima.

Celana sirwal sendiri sekarang ini sedang ngetren, terutama di perkotaan dan kaum muda. Jamak kita ketahui, di banyak masjid terutama di kota banyak kajian keagamaan yang dhadiri kaum muda.

Nah, banyak diantara mereka yang menaikkan kain bawahan mereka, dengan memakai sirwal, demi menghindari potensi najis yang ada.

Celana sirwal sebagai salah satu jenis pakaian muslim untuk pria (bawahan / celana) mempunyai ciri selalu diatas mata kaki dan berkantong.

Selain itu kainnya selalu longgar (gombrong) dan berkesan 'cuek'. Dan memang, celana sirwal ini asli enak celana dipakai untuk shalat berjama'ah di masjid.

Secara modelnya sangat simpel, juga ringan dan berkesan santai bersahabat.

APA YANG BISA DILAKUKAN PARA ISTRI?

Nah, bagaimana, sudah lebih mengerti kan sekarang, tentang ulasan busana muslim untuk pria di Indonesia pada umumnya?

Kesemua pakaian pria tersebut diatas yang diperuntukkan untuk pria muslim, sesungguhnya sangat asyik untuk dipakai. Berkesan tampil segar dan lebih muda. Apakah itu kokonya, gamisnya, rompinya, sarimbitnya atau sirwalnya.

Dijamin, suami atau anak lelaki kita akan senang bukan kepalang mencoba dan memakainya.

Kalau misalnya selama ini suami kita kalau pergi shalat berjama'ah ke masjid hanya berbaju koko, coba deh dibelikan sebuah atau dua buah baju gamis. Agar sesekali tampil beda dari biasanya.

Kalau ingin agar lebih beda lagi, biar semangat shalat di masjidnya makin menyala dan tampil beda dengan kebanyakan jama'ah yang lain, boleh tuh para istri membelikan suaminya baju Rompi muslim. Sekalian sirwalnya. Dijamin akan makin gaya!

Dan sudah menjadi rahasia umum kalau pria itu malas untuk berbelanja. Termasuk berbelanja baju muslim keperluan mereka.

Nah, bagi Anda para muslimah, tidak ada salahnya untuk memberikan kejutan kepada suami atau kakak laki-laki, atau juga adik laki-laki Anda, dengan membelikan mereka baju muslim pria dari sebagian koleksi yang ada.

Pilih kira-kira mana yang menurut Anda cocok untuk diberikan kepada mereka yang Anda sayangi. Sebagai kejutan.

Dan namanya kejutan, tidak perlu memberi tahu kalau Anda ingin memberi sebagai hadiah. Siapa tahu, dengan sedikit kejutan seperti ini, hati mereka menjadi senang dan makin sayang..

Mengenai ukuran baju muslim untuk sang Suami, kan para Istri sudah sangat paham. Tinggal dipilihkan kira-kira warna dan model apa yang cocok dan disukai mereka.

Lantas kira-kira, model busana muslim untuk pria seperti apa sih yang cocok untuk diberikan sebagai hadiah?

Anda suka yang mana? Well, Anda sendiri yang menentukan pilihan busana muslim jenis apa yang cocok untuk suami tercinta.

< 4 Alasan Mengapa Berbaju Koko Pakistan

Busana Muslim untuk Pesta Pernikahan >

Ingin temanmu tahu tentang artikel ini? Tolong dibagikan ya..

BACA TOP 5 BLOG MUSLIM TERATAS LAINNYA

10 Alasan Mengapa Harus Memakai Busana Muslim

Kisah Nyata Keluarga Tentang Sesudah Kesulitan Ada Kemudahan

Cara Cespleng Agar Suami Mau Shalat di Masjid

Busana Muslim Untuk Pesta Pernikahan

Masjid Baitul Makmur Denpasar + 6 Masjid Bali Terkenal Lainnya

Home | Baca 4 Cara Penerapan Alquran Di Kehidupan

MuslimBusana.com © 2007-2024 (17 Tahun Melayani).

MuslimBusana.com adalah media belanja Busana Muslim online Ternama dan Berkualitas. Kami melayani pembelian dan pengiriman paket baju muslim ke seluruh wilayah Indonesia.

Produk unggulan:
Gamis Premium Ukhti Gamis Murah Rahnem Gamis Cantik Ethica Munira Hijab Syar'i Gamis Nibras

eXTReMe Tracker