Koko Murah, Gamis Murah, Baju Anak Muslimah
Belanja Mudah Baju Muslim Online!

Home > Blog > Celana Cingkrang Ala Cowok Muslim - Dibaca 3.007 x.

Celana Cingkrang Trendy

Bagikan

Dropship produk busana muslim

Celana cingkrang, atau yang lebih dikenal dengan celana diatas mata kaki, mulai populer sekitar tahun 90 an. Pada tahun itu, celana cingkrang di Indonesia banyak dikenalkan oleh para aktivis masjid kampus.

Anda yang beruntung sempat mengenyam bangku perkuliahan pada tahun itu, pasti teringat akan fenomena tersebut. Seiring dengan perkembangan zaman yang makin modern, celana cingkrang juga mengalami perubahan penampilan ke yang lebih trendy.

Celana Cingkrang MuslimWaktu itu, dimana-mana, entah sewaktu jam kuliah berlangsung, atau di kos, atau ketika berangkat menuju masjid kampus, para ikhwan itu dengan santai berlenggang dengan celana cingkrangnya, celana kebangsaan mereka.

Tak hanya dipopulerkan oleh para aktivis masjid kampus, celana cingkrang juga turut dipopulerkan oleh para simpatisannya.

Simpatisan adalah para mahasiswa yang rutin mengunjungi masjid, misalnya untuk shalat berjama’ah atau mengikuti kajian agama di masjid kampus, atau sekedar leyeh-leyeh disana menanti kuliah jam berikutnya.

Disebut simpatisan karena secara struktural, para mahasiswa itu tidak masuk didalam jajaran pengurus takmir masjid kampus.

Omong-omong mengenai celana cingkrang, Anda cowok Muslim yang belum pernah memakainya, kami sarankan untuk mencobanya.

Nyaman dan enak, kok!

Apa alasannya bercelana cingkrang?

1. BAGIAN BAWAH CELANA TETAP BERSIH

Karena panjang celana cingkrang berada diatas mata kaki, walhasil kainnya tak pernah menyentuh tanah.

Tujuan dari menghindari kontak dengan tanah adalah untuk menjaga kesucian celana dari kotoran yang mungkin ada di tanah, kemudian menempel di celana.

Alasan Pakai Celana Cingkrang untuk Cowok MuslimApabila terjadi kontak, maka celana itu akan menjadi najis. Sedangkan cowok muslim, terkadang perlu celana itu untuk dipakai melakukan ibadah shalat di masjid.

Walhasil, dengan kita bercelana cingkrang, potensi najis dapat diminimalkan. Thus, apabila sedang dalam perjalanan, kita bisa tenang masuk masjid untuk shalat berjama'ah apabila waktu shalat telah tiba.

Kalau celana itu terkena najis, kan shalatnya tidak akan diterima?

2. BAHAN RINGAN

Dengan bahan katun combed yang umum dipakai sebagai bahan kaos, celana cingkrang super duper enteng dikenakan.

Berkat bahan ringannya, tentu Anda bisa beraktivitas lebih mobile dan nyaman.

Kalau Anda pakai shalat, ketika hendak melakukan sujud dari posisi i’tidal (berdiri setelah ruku’), Anda tak perlu menarik dulu kain di lutut keatas, seperti yang seringkali dilakukan apabila shalat dengan memakai celana berbahan jeans, atau celana resmi kantoran.

Kalau tidak ditarik keatas, memang rasanya tidak enak ketika sujud. Seperti ada yang mengganjal di lutut.

Tapi tahukan Anda, bahwa kebiasaan seperti itu (menarik kain di lutut keatas setiap kaliendak sujud) sebetulnya tidak boleh. Tidak ada gerakan shalat seperti itu.

Kalau itu terus dibiasakan, artinya itu sudah menjadi rukun shalat.

Na'udzu billah min dzalik, kita mengada-adakan sesuatu yang baru dalam shalat, yang jelas tak pernah diajarkan Nabi.

3. TAK PERLU SABUK DAN RESLETING

Celana cingkrang hampir selalu memakai karet dibagian pinggang.

Ini berfungsi sebagai pengikat pinggang, yang mirip fungsinya dengan sabuk, atau ikat pinggang.

Dengan karet dipinggang celana cingkrang, Anda tak perlu repot urusan-urusan yang sepertinya sepele tapi kadang maha ribet; misalnya, apabila hendak bepergian naik pesawat dan kebelet pipis, di toilet tinggal memelorotkan celana tanpa perlu buka sabuk dan resleting.

Sewaktu hendak check in dan masuk detektor, Anda tak perlu membuka dan melepaskan sabuk didepan petugas bandara. Jadi tugas Anda (dan tugas Petugas bandara) akan lebih cepat dan simpel.

Anda pun juga tak akan menjadi tontotan para penumpang lain, ketika Anda sedang asyik mengangkat-angkat celana dan kemeja Anda sambil sibuk melepas dan memasang sabuk.

Bayangkan Anda begitu konsen membuka-tutup celana, saking konsennya, tak sadar celana Anda melorotnya terlalu kebawah.

Lalu dari kejauhan ada orang iseng memfoto area layak sensor Anda dan mempostingnya di sosmed.

Apa yang terjadi? Betul, Anda akan mendadak terkenal..

Perlu diketahui, aktivitas melepas sabuk ketika check in di bandara adalah wajib. Hal ini karena disinyalir barang terlarang seperti narkoba bisa diselundupkan didalam tali sabuk.

Oiya, ini juga memberi peluang Anda tidak ditinggal pesawat karena sekedar urusan sabuk yang ribet, apabila check in telat dan antrian sedang mengular.

4. CIRI KHAS SEORANG MUSLIM

Yang terutama adalah, ini menunjukkan Anda adalah cowok muslim.

Pernahkah Anda mendengar kata Isbaal? Isbaal itu adalah menjulurkan pakaian hingga ke bawah mata kaki.

Isball ini ada hubungannya lho dengan celana cingkrang yang sedang kita bahas ini..

Tentang Isbaal, simak penjelasan Buya Yahya di Al Bahjah TV via Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=XHHzpiGXATE

Berikut kami nukil dari website lain:

Di dalam Hadits Abu Daud, dari Abi Huroiroh berkata: Suatu saat ada seorang laki-laki sholat dengan meng-Isbaal-kan atau memanjangkan atau melembrehkan pakaiannya sampai melampaui mata kaki.

Lantas Rasulullah Saw bersabda kepadanya, yang artinya: “Pergilah terus berwudhu’lah kamu”. Lantas ia pergi lalu berwudhu’.

Kemudian ia datang lagi, terus Rasulullah Saw bersabda “Pergilah terus berwudhu’lah kamu”.

Maka ada seorang laki-laki berkata kepada Rasulullah “Ya Rasulullah, mengapa engkau terus menyuruhnya berwudhu?”.

Kemudian Rasulullah saw diam karenanya, lantas bersabda: “Karena ia sholat mengisbaalkan pakaiannya sehingga melampaui mata kakinya sedang sesungguhnya Allah Ta’alaa tidak menerima sholat seorang laki-laki yang melembrehkan pakaiannya melampaui mata kaki”.

Meskipun begitu harap diingat, tentang Isbaal ini masih terdapat khilaf di sebagian ulama. Namun, argumentasi mereka sangat ber nas.

Seperti apa hukum bercelana cingkrang. Mengapa isbaal / bercelana cingkrang dikatakan sombong. Kalau bisa menahan sombong, apakah boleh isbaal. Isbaal menurut aswaja itu seperti apa, dsb.

Jadi dikembalikan kepada masing-masing pribadi kita dalam menyikapinya.

Iyalah, sebab dengan bercelana cingkrang, tak hanya akan tampil trendy, namun juga akan mematuhi hadits Nabi Muhammad saw, dan ini artinya kita menghidupkan sunnah Nabi.

5. CELANA CINGKRANG JUGA NGETREN DILUAR NEGERI

Wait..omong-omong tentang sunnah Nabi, kita kan percaya 100% bahwa semua perkataan Nabi adalah benar. Dan kebenarannya bersifat universal lho, artinya tidak hanya untuk umatnya saja, yaitu umat Islam. Namun, untuk semua umat manusia.

Ya berkenaan dengan celana cingkrang ini, ternyata tidak melulu menjadi perhatian kaum muslimin saya. Buktinya, celana cingkrang juga ngetren diluar negeri! Hebat, kan..

Dari mulai atis K-Pop, aktor Hollywood, Hong Kong dan tentu saja termasuk para pesohor tanah air, banyak dari mereka yang happy bercelana cingkrang.

Nah, sudah makin jelas terang dan benderang bukan, informasi tentang celana cingkrang yang ternyata trendy banget itu?

Itulah 5 alasan dan kegunaan dari celana cingkrang untuk cowok muslim. Yang setelah kita membacanya, hati jadi adem dan tenang, bukan?

Jadi, tak usah ragu lagi untuk mulai bercelana cingkrang. Selain gaul dan mengikuti tren, syukur alhamdulillah kalau diniati untuk ibadah. Yaitu demi menghindari najis bagian bawah pakaian kita yang mana najis itu bisa menghalangi diterimanya pahala ibadah kita.

Apabila tertarik, Anda bisa membelikan anak cowok atau suami Anda celana cingkrang, agar mereka mempunyai celana alternatif yang lebih islami.

Celana cingkrang bisa dibeli di website ini ya..Harga celana cingkrang termasuk murah, kok..

< Busana Muslim untuk Pesta Pernikahan

Doa Terhindar Dari Hutang Menumpuk >

Ingin temanmu tahu tentang artikel ini? Tolong dibagikan ya..

BACA TOP 5 BLOG MUSLIM TERATAS LAINNYA

10 Alasan Mengapa Harus Memakai Busana Muslim

Kisah Nyata Keluarga Tentang Sesudah Kesulitan Ada Kemudahan

Cara Cespleng Agar Suami Mau Shalat di Masjid

Busana Muslim Untuk Pesta Pernikahan

Masjid Baitul Makmur Denpasar + 6 Masjid Bali Terkenal Lainnya

Home | Baca 4 Cara Penerapan Alquran Di Kehidupan

MuslimBusana.com © 2007-2024 (17 Tahun Melayani).

MuslimBusana.com adalah media belanja Busana Muslim online Ternama dan Berkualitas. Kami melayani pembelian dan pengiriman paket baju muslim ke seluruh wilayah Indonesia.

Produk unggulan:
Gamis Premium Ukhti Gamis Murah Rahnem Gamis Cantik Ethica Munira Hijab Syar'i Gamis Nibras

eXTReMe Tracker