Hari sabtu tanggal 15 Mei kemarin, saya berada di Jakarta untuk mengikuti Seminar Sales & Marketing Revolution yang diselenggarakan oleh TDW Organizer, dengan pembicara utama Pak Tung Desem Waringin (Pelatih Termahal di Indonesia dan Motivator No 1 di Indonesia). Seminar ini diadakan di Mega Glodok Kemayoran (MGK) Jakarta, The Luxus Room. Dalam seminar ini, Pak Tung memberikan materi seminar seputar jurus-jurus ilmu sales (penjualan) dan marketing (pemasaran). Dengan jumlah kurang lebih 1200 peserta, seminar ini betul-betul dipandang perlu untuk dihadiri oleh pemilik bisnis dan bagian pemasaran.

Dari sekian banyak jurus marketing yang diajarkannya, salah satu yang dibahasnya adalah mengenai jurus endorsement (dukungan atau pengabsahan). Yang menarik, Pak Tung mencontohkan kasusnya dengan Manet Busana Muslim. Pak Badroni Yuzirman, pendiri Komunitas Tangan Diatas (TDA) sekaligus pemilik Manet Busana Muslim, bisa dibilang juga murid dari Pak Tung. Mereka berdua sering bertemu baik untuk acara semi formal atau acara formal lainnya.

Sewaktu pertama kali mendirikan Manet, Pak Roni curhat ke Pak Tung, perihal saingan Manet yang sudah memakai bintang film terkenal untuk memasarkan produk baju muslim mereka. Seperti Toyusin dengan Arzeti Bilbina, atau Rabbani dengan Zaskia Adya Mecca. Pak Roni bilang, apakah saya bisa dan mampu seperti mereka? Pak Tung jawab: Bisa! Dan bahkan, Pak Roni bisa mempunyai ikon iklan dari seorang artis terkenal untuk busana muslim produksinya.

Caranya ternyata gampang, dan murah! Kirimi surat artis yang dimaksud (waktu itu Pak Roni ingin Dewi Yull), dengan isi surat mengenai kesediannya memakai beberapa disain busana muslim eksklusif produksi Manet, untuk Dewi Yull. Didalam surat itu, tidak lupa diselipkan sebuah kertas berisikan permintaan agar dituliskan juga tanggapan POSITIF dari sang artis, dan minta ijin untuk dipublikasikan. Tidak diminta saran atau kritik, karena hal itu tidak akan melahirkan endorsement, tapi biasanya tentang hal kekurangan produk kita.

Singkat cerita, sang artis memang terkesan dengan baju-baju eksklusif yang khusus dibuat untuk dia. Dan, endorsement berupa komentar-komentar positif darinya kemudian disebarluaskan di berbagai iklan, brosur, dsb. Bisa ditebak, gengsi Manet langsung terkerek naik. Bagaimana gengsi tidak naik, kalau seorang artis saja sudah mengakui kehebatan produk ini.

Belakangan, Manet tidak saja mendapatkan endorsement dari Dewi Yull saja, namun juga dari Berliana Febrianti, dan jgua penyanyi mungil Andien.

Bentuk pemasaran seperti ini, adakalanya memang sangat mahal. Karena memasang artis sebagai bintang iklan kita tentunya berbiaya tinggi. Namun, dengan memakai trik diatas, biaya iklan jenis ini bisa dibilang sangat murah, atau malah kadangkala gratis.

Nah, mau mencoba?

Wassalam,

Arif Haliman

Save