Aksi Belas Islam II tanggal 4 November 2016 minggu kemarin, banyak menyisakan refleksi, atau renungan kami kita semua. Mulai dari hal keikhlasan, perjuangan, pengorbanan, hingga kecintaan kepada kitab suci Alqur’an. Khusus kecintaan kepada Alqur’an, berikut refleksi yang bisa saya bagikan kepada pembaca.

Alfurqon. Dahsyat nian kata ini, setidaknya bagi saya. Kata ini sebagai salah satu alasan untuk apa Alqur’an itu diturunkan.

Alfurqon. Pembeda antara yang haq (kebenaran) dan bathil (kebohongan).

Kata / kalimat ini sebenarnya sudah kita dengar sejak masih belia. Saya ingat sewaktu SMP, disalah satu ujian mata pelajaran agama Islam, ada soal: Alqur’an Juga Dikenal Sebagai Apa?

Meskipun sejak muda sudah akrab dengan kata itu, sejujurnya bagi saya, dari adanya Aksi Bela Islam 411 kemarin itulah, saya baru betul-betul ‘ngeh’ (atau semakin paham) apa artinya Alfurqon.

Saya masih saja takjub.

Betapa mudah bagi Allah Ta’ala untuk menunjukkan, siapa yang hatinya terikat dengan Alqur’an, atau terlepas darinya. Siapa yang peduli, atau abai darinya. Yang paling mengenaskan, adalah siapa yang ikutan menghujatnya, walaupun dia muslim. Kalau non muslim, sudah tak usah dikomentari. Sudah dari sononya tak tahu, dan akan super sulit tahu.

Tapi kata-kata “masuk telinga kanan keluar telinga kiri”, sekali lagi menunjukkan tajinya.

Bahwa Alqur’an tak menjamin mencintai Anda, atau Anda mencintai Alqur’an, walaupun Anda membacanya tiap malam, tiap hari atau mungkin sudah hapal sejak muda belia.

Diatas semua debat, argumen, opini, ingatlah satu kata ini: HIDAYAH.

Mahal banget 7 huruf ini.

Sekali lagi, tidak menjamin Alqur’an sudah Anda baca tiap hari, khatam sebulan sekali, atau sudah menghapal dan mengamalkannya dikit-dikit, lalu Anda pikir serta merta hati Anda merasa pilu Alqur’an dinista.

Tak semudah itu, kawan. Ternyata hati ini masih ada yang acuh. Tak peduli. Tetap meneruskan bercanda dan bergurau tentangnya. Apalagi, memcemoohnya.

Surga mahal harganya. Dan beruntunglah Anda yang masih dihinggapi HIDAYAH MENCINTAI ALQUR’AN.

Alfurqon. Pembeda.

Semoga hidayah ini cepat hinggap dan melekat di hati…

Arif Haliman

Facebook: https://www.facebook.com/arif.haliman