Busana Muslim Berkualitas - Online dari Bali!
     
  
Simpati : +62 82 333 543 838
XL : +62 87 860 198 826
IM3 : +62 85 655 178 508
Dapatkan Update Terbaru via Facebook
Sales 1
Ruroh
Sales 2
Eva
Sales 3
Evi
Webmaster
Arif
 
 
Busana Dewasa

Busana Remaja

Baju Anak

Hijab

Mukena

Aksesoris

Toko Kami :

Toko Salsa Busana
Jl. Tukad Baru 3B
Pemogan, Denpasar Bali - Indonesia

Email: order[at]muslimbusana.com

Jam Buka Senin - Jum'at:
09.00 - 20.00 WITA

Jam Buka Sabtu - Minggu:
09.00 - 14.00 WITA



Salah Satu Keunikan Bali

Posted under: Umum

Pulau Bali sudah tekenal keseluruh dunia dengan segala keunikannya. Segala keunikan itu bisa dijumpai tidak hanya pada personalitas seseorang, seperti sistem penamaan anggota keluarga yang khas, namun juga pada adat istiadat budaya, beserta tempat-tempat wisatanya.

Dalam kehidupan beragama, keunikan itu juga dapat dirasakan. Mungkin keunikan yang Penulis maksud disini juga bisa dijumpai didaerah lain di Indonesia, tapi sepertinya tidak banyak.

Keunikan yang dimaksud adalah berkenaan dengan pemakaian helm dikala sedang mengendarai motor. Di bali, helm (pelindung kepala saat berkendara) menjadi barang yang begitu dilupakan ketika sedang berkendara motor, apabila kita sedang memakai pakaian ibadah!

Apabila Anda sedang mengunjungi Bali, dalam rangka liburan misalnya, bisa dipastikan disepanjang jalan Anda akan menyaksikan begitu banyak pengendara sepeda motor. Orang mengendarai sepeda motor tidaklah unik. Namun, yang membuatnya menjadi unik adalah: kebanyakan dari mereka tidak memakai helm! Dan setelah diperhatikan lebih teliti, mereka semuanya memakai pakaian ibadah!

Begitulah, entah apakah ini sudah menjadi peraturan daerah Bali atau tidak, bahwa helm menjadi tidak wajib dipakai apabila kita memakai pakaian ibadah. Yang Penulis maksud dengan pakaian ibadah disini adalah, seperti orang Bali memakai baju adat Bali, dan pria muslim memakai baju koko plus kopiah dan muslimahnya memakai baju panjang berikut kerudung.

Jangan salah sangka bahwa mereka berkendara motor di jalanan kampung, atau sedang tidak ada polisi. Bukan. Mereka berkendara dijalan raya kota Denpasar, lengkap dengan banyak polisi dipinggir jalan. Tidak jarang diantara mereka berkendara dengan kecepatan tinggi (ngebut). Namun toh, para polisi itu hanya diam saja.

Begitulah, di Bali, dengan memakai pakaian ibadah saat kita sedang berkendara, kita dianggap akan menuju tempat ibadah untuk beribadah. Dan oleh karena itu, ada semacam dispensasi tidak tertulis bahwa hal itu menjadi legal.

Identitas para pengendara itu sudah jelas terlihat. Yang memakai baju adat Bali bisa dipastikan bahwa mereka adalah orang Hindu. Yang memakai baju koko dan kerudung pastilah mereka orang Islam. Mereka bebas melenggang tanpa helm sewaktu berkendara dijalan.

Yang repot adalah orang Kristen dan Budha. Dalam hal berpakaian, mereka jelas tidak punya identitas, sehingga helm menjadi kewajiban bagi mereka ketika berkendara motor di Bali.

Namun, Penulis pribadi menyarankan sebaiknya selalu memakai helm. Baik berkendara hendak pergi ibadah atau tujuan lain, selalu pakailah helm. Baik tujuan pendek atau dekat, selalu pakai helm. Dijalan raya atau jalan kampung, jangan lupa helmnya.

Ini semua demi ketertiban dan keselamatan kita dalam berkendara.




Artikel lain di Umum:
Surga Neraka Memang Kekal
Chaerul Tanjung Sang Inspirator
Sering Ke Masjid Tapi Kok
Semarak Maulid Nabi Muhammad di Denpasar
Istighotsah di Kampung Islam Denpasar

Kategori Lain:
Bisnis
Haji
Puasa
Shalat


     
  
Simpati : +62 82 333 543 838
XL : +62 87 860 198 826
IM3 : +62 85 655 178 508
Dapatkan Update Terbaru via Facebook
Sales 1
Ruroh
Sales 2
Eva
Sales 3
Evi
Webmaster
Arif
 
 

MuslimBusana.com © 2007-2015 All Right Reserved
MuslimBusana.com adalah media belanja Busana Muslim online dari Kampung Islam Kepaon - Bali Indonesia

Kerudung Zoya Actual Basic Kaos SIK Clothing kaos muslimah Qirani Manet baju muslim

Powered by BaliWebby.com

eXTReMe Tracker