Vintage. Ya, itulah tren busana muslim tanah air yang diprediksi akan booming di tahun 2017 mendatang, begitu pendapat Ria Miranda, salah satu designer baju muslim kondang tanah air. Model busana muslim minimalis, tapi tentu tetap membawa syarat syar’i. Mengapa kembali ke minimalis? Ini didorong dengan semakin rindunya masyarakat kepada sesuatu yang serba mudah, cepat dan tidak ribet. Begitu pula yang terjadi dalam tren perkembangan berbusana muslim pada 2017. Sekedar informasi, arti Vintage sendiri, secara gampangnya, membawa arti kuno. Dengan kata lain, tua. Bisa juga old-style. Atau, klasik. Pokoknya, bernuansa jaman dahulu.

Trend Busana Muslim Tanah Air 2017Seiring dengan meningkatnya kesadaran berbusana muslim masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun, baik itu busana muslim wanita atau pria, pasar dan industri busana muslim akan semakin bersinar. Tak terkecuali pada tahun 2017 mendatang.

Gaya vintage dalam berbusana muslim masyarakat Indonesia akan didominasi oleh unsur lebar. Jadi, atasan dan bawahan akan terlihat lebar dan berkibar apabila pemakainya berjalan. Tentunya, hal ini semakin menguatkan kesan syariah yang diusungnya, soalnya salah satu pakem mutlak berbusana muslim memang harus bergaya lebar, dan tidak sebaliknya; ketat.

Kalaupun busana muslimnya bermodel Gamis (baju kurung atau terusan), maka disainnya akan longgar. Tidak ketat dan menempel di tubuh, yang justru akan memperlihatkan bentuk tubuh pemakainya. Disain baju yang longgar sudah tentu akan mencegah bentuk tubuh pemakainya terlihat.

Mengikuti gaya vintage, sudah barang tentu warna yang menyertainya adalah warna yang kalem. Juga bernuansa warna netral. Warna kalem bisa diwakili oleh warna hijau dan warna-warna ‘pudar’ lainnya. Sedangkan warna netral biasanya dinisbahkan kepada warna putih dan hitam, atau abu.

Bagaimana dengan trend atau prediksi busana muslim untuk anak-anak & remaja? Biasanya, anak-anak akan mengikuti mode pakaian orang tuanya. Jadi, insyaAllah trend baju anak muslim juga akan mengikuti mode vintage yang diprediksi akan booming di 2017. Tapi tentu saja, yang namanya anak-anak, mungkin dari segi warna tetap akan menampilkan kesan ceria dan berani. Warna cerah seperti merah dan kuning tetap akan mendominasi.

Apalagi apabila ada ibu, ayah dan anak-anak cewek dan cowok ingin tampil secara sarimbit, atau berseragam. Nah, apabila ada sebuah keluarga muslim yang kompak tampil dalam mode pakaian yang senada seperti ini, bisa dipastikan model vintagelah yang akan dipilih.

Jadi sekali lagi, bukan tanpa alasan model vintage busana muslim akan meledak pada tahun 2017 mendatang, didasari dengan pemikiran dan fakta bahwa masyarakat ingin segala sesuatunya semakin simpel.

Tak hanya dalam hal, misalnya, disain rumah atau disain taman rumah, atau mode transportasi yang simpel, model berbusana pun, termasuk busana muslim masyarakat Indonesia ingin yang bermodel simpel.

Dan, itu bisa diwakili dengan mudah oleh model atau gaya vintage dalam berbusana muslim.

Arif Haliman

Facebook: https://www.facebook.com/arif.haliman

obral-baju-muslim