Hanya atas ijin Allah SWT sajalah, pertumbuhan pemakai busana muslim di Indonesia semakin meningkat. Sebetulnya tak hanya di Indonesia, di banyak negara lain, seperti Turki misalnya, geliat para muslimahnya dalam berpakaian sesuai syariat itu semakin meningkat. Dan itu juga terjadi merata di hampir semua negara, tak terkecuali negara-negara di Eropa. Syukur alhamdulillah..

SIK Clothing GamisDitengah berbagai gelombang fitnah dan hantaman dari kaum munafikun dan kafirun yang menerpa umat Islam, para muslimahnya justru semakin kuat dalam berbusana muslim yang baik, dengan semakin tumbuh suburnya mode busana muslim tak hanya di Indonesia, namun juga dunia. Ini patut disyukuri.

Dan, untuk lebih meningkatkan rasa syukur itu, setidaknya ada 10 hal yang berhasil dirangkum dalam 10 alasan, mengapa kita semua, baik wanita maupun pria, harus berazzam kuat untuk terus berbusana muslim dalam keseharian kita..

Berikut ulasannya.

1. IDENTITAS UMAT ISLAM
Menurut Pew Research Center (PRC) tahun 2017 yang disiarkan BBC International, di dunia ini agama yang paling cepat pertumbuhannya adalah Islam. Walaupun saat ini agama Kristen masih no 1, insyaAllah tapi tak lama lagi akan tergeser. Pada tahun 2070, diprediksi agama Islam akan menjadi no 1 di dunia dalam hal jumlah pemeluk.

Mencermati laporan ini, yang kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan, sudah sepantasnya kita sebagai muslim yang baik untuk bersiap menyambutnya. Dengan apa? Salah satunya, yaitu dengan membiasakan memakai busana muslim di dalam hidup keseharian kita.

Busana muslim bagaimanapun juga adalah simbol, atau identitas setiap muslim. Ini menunjukkan kekhasan setiap muslim dalam berpenampilan, yang penuh sopan santun dan tata krama. Dan busana muslim bagi siapapun pemakainya bisa berarti juga sebagai sarana dakwah.

Identitas keislaman ini sudah seharusnya kita tampilkan dengan bangga dan senang hati. Dengan menjadikan busana muslim sebagai keseharian kita dalam berbusana. Dan syukur alhamdulillah, Islam sudah punya syariat / aturan tentang bagaimana menutup aurat (berbusana muslim) yang baik.

2. MENUTUP AURAT ADALAH KEWAJIBAN
Menutup aurat adalah KEWAJIBAN bagi setiap muslim. Dan menutup aurat juga bagian dari memuliakan wanita. Ini tentunya sudah dimengerti dengan baik. Dan sebagai wujud ketakwaan kita kepada Allah SWT, sudah tentu kita akan mengamalkannya. Dan berbusana muslim yang syar’i (sesuai tuntunan syariat), tidak asal-asalan, mencerminkan bentuk kepatuhan kita kepada sang Khalik.

Salah satu bentuk membiasakan berbusana muslim yang baik, bisa kita praktekkan kepada anak-anak kita semenjak usia dini. Biasakan titipan Allah SWT itu kita pakaikan hijab ketika keluar rumah, dan kenakan songkok ketika kita ajak anak-anak shalat di masjid.

3. BUSANA MUSLIM SEMAKIN DIAKUI DUNIA
Hijab yang selama ini dipandang sebagai bentuk pengekangan kepada wanita oleh dunia Barat, perlahan insyaAllah mulai terkikis. Adalah label olahraga kelas dunia Nike, yang tahun 2017 ini berencana akan merelease Hijab sports yang dinamakan Nike Hijab Pro. Ini untuk memudahkan atlet muslimah tetap bisa tampil maksimal plus syar’i di ajang olahraga apapun.

Sebelumnya DKNY, brand fashion ternama dunia juga telah meluncurkan koleksi busana muslimnya. Hal ini setelah disadari, berdasarkan sebuah riset tahun 2013 silam, dunia muslim menghabiskan Rp 3.642 triliun (angka yang sangat besar!) hanya untuk pakaian dan alas kaki, termasuk kaos kaki. Dan masih banyak lagi brand papan atas dunia dalam membidik pasar busana muslim dunia, termasuk Tommy Hilfiger.

4. BANYAK PERANCANG BUSANA MUSLIM INDONESIA YANG MULAI MENDUNIA
Sebut saja misalnya Dian Pelangi. Disainer tenar bergaya warna cerah ini sudah melanglang buana berpameran ke Eropa dan Timur Tengah untuk memasarkan busana muslim rancangannya. Ada juga Ria Miranda, yang outlet busana muslimnya tersebar di seluruh Nusantara, dan juga Malaysia.

Jangan lupakan Ghaida Tsuraya, anak kandung dai kondang Aa Gym ini dan aktif di Hijabers Communitiy ini jelas tidak kalah moncer dibandingkan nama tersebut diatas. Dan, masih banyak lagi disainer muda blantika busana muslim Indonesia yang akan dan sedang mendunia.

5. MELINDUNGI TUBUH DARI HAWA DINGIN
Suka berlibur ke gunung, danau atau dataran tinggi lainnya? Tanpa disadari, dengan memakai busana muslim dan tentu lengkap dengan Jilbab yang menutup telinga, sangat membantu mengatasi masalah dingin yang kerap mendera. Badan terasa tetap hangat dan aktifitas tetap bisa ligat dan ceria.

Bagaimana dengan ketika hawa panas? Tak masakah. Banyak baju muslim yang bahannya menyerap panas dan keringat, seperti bahan kaos dan katun. Seratnya yang longgar berfungsi melepas panas keluar, sekaligus menarik udara kedalam.

6. PRAKTIS DIPAKAI SHALAT
Adalah busana muslim model Gamis yang juga bisa dipakai untuk shalat. Jadi, tak perlu Mukena. Apakah boleh? Boleh, sah kok. Kan itu sudah menutupi semuanya, kecuali wajah dan telat tangan. Ini sangat membantu ketika sang muslimah berada di kantor, pusat perbelanjaan, kampus, atau tempat manapun di luar rumah.

7. BURQINI YANG SEMAKIN MARAK
Pemandangan muslimah berjemur atau mandi di pantai sudah mulai jamak, apalagi di luar negeri seperti Perancis dan Inggris. Apalagi yang sekedar berenang di kolam renang hotel, misalnya. Adalah Burqini, pakaian outdoor di pantai yang menjembatani keperluan muslimah itu. Kalau hanya untuk ke pantai saja sudah marak pemakaian Burkini, apalagi dalam kehidupan sehari-hari? So berbusana muslim is a must!

8. MENCEGAH DEBU DAN RADIKAL BEBAS
Ciri khas baju muslim adalah longgar dan lebar. Juga menutupi semua bagian tubuh, kecuali muka dan telapak tangan. Itu artinya, apabila Anda bepergian keluar (outdoor activity), berbusana muslim syar’i yang menutup seluruh tubuh turut membantu menjaga kesehatan diri Anda.

Tak hanya itu, penggunaan jilbab juga bisa membantu dalam pencegahan kanker dan penuaan dini, akibat paparan sinar matahari langsung. Baju Anda itu, masyaAllah, insyaAllah bisa menjadi wasilah (perantara) senantiasa sehatnya tubuh Anda, karunia Allah SWT itu.

9. MENCEGAH PANDANGAN LIAR PRIA
Tak dapat dipungkiri, wanita berpakaian mini itu ingin dipuji. Dipuji penampilannya, kecantikannya, atau tubuhnya. Tapi jangan salah, apabila ada pria yang secara sengaja melotot tiada kedip kearah tubuh you can seenya itu, dijamin wanita itu pasti akan jengah. Risih, dan tak nyaman. Pada titik tertentu, dia bisa sangat marah dan memarahi pria itu.

Ini adalah hal yang aneh, sebetulnya. Alih-alih berbangga diri, jadinya merendahkan diri. Tapi dengan memakai busana muslim yang menutupi seluruh tubuh itu insyaAllah harga diri dan kemuliaan sang muslimah dijaga oleh Allah SWT.

10. SARANA EDUKASI KEPADA ANAK
Ibu adalah madrasah pertama bagi anaknya. Baik seorang ibu, insyaAllah baik pula seorang anak. Seorang ibu yang senantiasa berbusana muslim yang baik dalam kesehariannya, sangat besar peluangnya akan ditiru oleh sang anak, sejak masih usia dini. Sampai kedewasanya kelak, buah hati Anda sudah nyaman dalam busana muslimnya dalam keseharian, sebagai bukti ketaatan kepada Rabbnya.

Nah, berikut diatas 10 alasan mengapa Anda wanita muslimah harus bangga dan senang berbusana muslim. Alasannya tak hanya sekedar unsur agama (perintah Allah SWT), namun juga karena unsur kesehatan, edukasi atau pendidikan, kebanggaan pemakainya, dan berbagai fungsi lainnya.

Arif Haliman

Facebook: https://www.facebook.com/arif.haliman

obral-baju-muslim